Mengapa Perlu Ada Member Care?
alasan
/alas·an/
Member Care bertitik tolak kepada cara pandang terhadap manusia sebagai ciptaan menurut gambar dan rupa Allah sendiri. Itu berarti setiap pekerja lapangan amat berharga dan layak dihormati dan dipedulikan.

Member Care dibutuhkan karena:

  1. Model Member Care Bapa surgawi terhadap Tuhan Yesus, utusan-Nya. Pola dasar kepedulian pengutus terhadap utusan lintas budaya berasal langsung dari contoh Bapa surgawi terhadap Tuhan Yesus Kristus – dan kemudian didukung oleh penelitian ilmiah.
  2. Contoh Tuhan Yesus yang mengutus murid-murid-Nya seperti seorang Bapa. Pengutusan murid-murid dan kita juga oleh Tuhan Yesus mengikuti pola pengutusan yang sudah dilakasanakan oleh Bapa Surgawi kepada Anak-Nya yang tunggal.
  3. Amanat Agung tidak boleh terlepas dari Perintah Agung.
  4. Realita Pelayanan Lintas Budaya Menuntut Hadirnya Member Care. Diperlukan adanya pemahaman akan sumber stres yang dialami ULB dan memiliki perencanaan untuk mempersiapkan ULB menghadapi penderitaan dalam pelayanan.
  5. Semakin jauh utusan dari komunitasnya, semakin perlu pendukungan khusus. Di dalam pelayanan lintas budaya kebutuhan akan dukungan meningkat sesuai dengan bertambah jauhnya ULB dari basis pendukungannya.
  6. Contoh relasi Rasul Paulus dan gereja-gereja Perjanjian Baru sebagai penerima dan pemberi Member Care. Kesan secara umum bahwa Paulus tidak memerlukan Member Care adalah keliru. Sesungguhnya ULB Paulus sangat sadar bahwa dia mendapat kepedulian dari Tuhan Yesus yang mengasihinya dan dari puluhan sahabat.
  7. Member Care membawa manfaat nyata, antara lain: ULB lebih sehat, tangguh & efektif dan tidak cepat mengundurkan diri; semangat juang dan hasil kerja ULB meningkat; utusan lebih tangguh menghadapi krisis; penghematan biaya ke depan.